Cara Atasi Sindrom Bau Ikan



Cara Atasi Sindrom Bau Ikan [ www.BlogApaAja.com ]

Demi menghilangkan aroma bau ikan di tubuhnya,Claire Rhodes menerapkan diet buah dan sayuran. Bau yang bersarang dalamtubuhnya diakibatkan karena ganggguan metabolik yang langka. Dalam istilahkedokteran kelainan ini biasa disebut Trimethylaminuria (TMAU), yang jugadisebut dengan sindrom bau ikan, demikian yang dilansir dari Daily Mail.

Biasanya, tubuh si pengidap tidak dapatmenyerap trimethylamine yang biasa ditemukan pada makanan seperti susu dantelur. Akibatnya unsure kimia terbangun di dalam sisitem tubuh sebelumdilepaskan melalui keringat, air seni, dan nafas, sehingga menimbulkan bau amisyang kuat.

Wanita 34 tahun ini telah didiagnosis sejakdua tahun lalu. Namun, bau tak sedap itu telah melekat dalam tubuhnya sejak duapuluh tahunan.

Karena sindrom inilah ia sering dicemooh orangsaat di jalan. Bahkan ia terpaksa berhenti dari pekerjaanya sebagai asistenperawat di sebuah rumah hunian. Uniknya, Claire tidak dapat mencium baubadannya sendiri, meski orang-orang disekitarnya selalu mengomentari baubadannya. Bahkan ia pernah mandi sebanyak 10 kali untuk menghilangkan baunya.

"Suatu hari, saat saya membersihkan gigisebelum pergi keluar dan kakak saya mengatakan kalau saya harus menggosoknyasetidaknya tiga kali karena bau tersebut," ungkapnya.

Mula-mula Claire menepisnya karena ia pikiritu hanyalah komentar usil dari seorang kakak. Hingga ia tersadar bahwa banyakorang yang berkomentar mengenai bau amisnya, dan saat itulah ia menjadibenar-benar obsesif dengan kegiatan pembersihan diri.

Semua tes dari dokter yang ia datangimengeluarkan hasil negatif. Dokter menyimpulkan ia menderita bau badan dan baumulut biasa.

Komentar orang yang terus mengahantuinya,membuat Claire bahkan berniat bunuh diri, dan mulai bergantung dengan pilanti-depresi. Namun, setelah menonton program tentang seseorang dengan sindrombau ikan, Claire akhirnya mendapat jawaban tentang masalahnya itu.

"Begitu saya melihatnya di televisi, sayayakin bahwa saya mengidapnya. Dokter mengatakan tidak mungkin karena sindromitu sangat langka." Jelasnya.

Seorang ahli gizi membantunya untuk melakukandiet ketat dan memperingatkannya untuk berhenti menyantap makanan yang bisamembuat gangguann bau amis itu lebih buruk.

Banyak jenis makanan yang dapat menyebabkanClaire bau, termasuk beberapa jenis buah dan sayuran, sehingga Claire membatasidietnya untuk stroberi, wortel, pir, lobak, kentang dan salad. Meski ia dapatmengonsumsi madu dan beras dalam jumlah kecil serta roti, tetapi ia baru bisamenyantapnya jika baru dipanggang.

Claire menambahkan kalau empat anaknya,Danielle, 17, Connor, 13, Ruby, 6, dan Harrison, 2, telah membantunya untuk tetap kuat. "Kalaubukan untuk mereka, saya tidak akan berada di sini."

Ketidakmampuan Tubuh

Dr Robin Lachmann, konsultan di MetabolicMedicine di University College Hospital di London, mengatakan,"Trimethylaminuria disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memecahtrimethylamine dalam hati."

Tidak ada obat untuk sindromTrimethylaminuria, tetapi ada perawatan yang bertujuan untuk mengurangi tingkattrimethylamine dalam tubuh dan mengontrol gejalanya.

"Kami melakukannya dengan mencoba membatasijumlah trimethylamine yang masuk ke dalam tubuh. Kami juga merekomendasikandiet khusus yang disebut diet rendah trimethylamine. Selain itu, kamimenggunakan program kombinasi antibiotik dan probiotik untuk mencoba mengurangijumlah trimethylamine yang memproduksibakteri dalam usus." ujar Dr Robin.

Dengan pengobatan tersebut, kebanyakan pasiendapat mengurangi gejala dan tingkat trimethylamine mereka.


Follow On Twitter