19 Kebiasaan Yang Bisa Merusak Senyum Kamu



19 Kebiasaan Yang Bisa Merusak Senyum Kamu [ www.BlogApaAja.com ]

Gigi bisa dikatakan garda paling depan untuk memberikan senyuman palingindah Anda, selain berfungsi mengunyah makanan.



Lalu bagaimana jika senyum Anda ternodai kondisi deretan gigi yangkurang bagus. Maka hindarilah 19 kebiasaan yang terkadang tidak sadardilakukan, namun bisa merusak gigi Anda.

Seperti dilansir dari WebMD.

Mengunyah es batu



Terkadang dianggap tak berbahaya karena es tidak mengandung gula. Tapies beku adalah benda yang keras yang jika setiap hari dikunyak tentu akanmembuat gigi Anda retak.

Selain itu tentu jika dilakukan secara rutin akan merusak jaringan lunakdi dalam gigi dan mengakibatkan sakit gigi.

Bermain olahraga tanpa pelindung mulut



Misalnya seperti sepakbola, hoki, atau olahraga yang berpotensi terjadiluka di sekitar wajah termasuk mulut. Gunakan pengaman untuk mulut atau gigiAnda sehingga tidak mengalami keretakan jikalau olahraga yang Anda lakukantermasuk olah raga yang berat.

Mengedot



Perawatan gigi harus dilakukan sejak dini. Memberikan bayi Anda sebuahdot atau botol untuk susu, air putih atau jus-nya pada malam hari hanya akanmembuat gigi anak Anda tubuh dengan tidak baik bahkan rusak.

Karena seringkali botol bayi masih terpasang di mulutnya ketika diamasih tidur hingga terbangun.

Tindik di lidah



Mungkin ini untuk penampilan agar dilihat trendi atau menarik, tapitahukan Anda bahwa keberadaan logam yang terlalu lama juga dalam memecahkangigi. Jika itu dilakukan di bibir juga akan menimbulkan risiko yang sama.

Ketika logam bergesekan gusi, dapat menyebabkan kerusakan gusi yangdapat menyebabkan kehilangan gigi. Mulut juga merupakan surga bagi bakteri,sehingga tindikan meningkatkan risiko infeksi dan luka.

Mengadu gigi



Hal ini paling sering disebabkan oleh stres dan kebiasaan tidur.Menghindari makanan keras di siang hari bisa mengurangi nyeri dan kerusakandari kebiasaan ini. Mengenakan penjaga mulut di malam hari bisa mencegahgrinding saat tidur.

Obat tetes pereda batuk



Obat batuk tidak selamanya juga baik untuk gigi, ada diantaranya yangmemiliki kandungan gula yang tinggi.

Apakah gula tersebut berasal dari obat batuk atau permen, ia bereaksidengan plak lengket yang melapisi gigi. Kemudian bakteri dalam plak mengubahgula menjadi asam yang menggerogoti enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Permen karet



Semua permen karena mengandung gula turut berkontribusi mengakibatkankerusakan gigi, itu tidak bisa dipungkiri. Namun ada permen lainnya yangmemiliki dampak lebih besar seperti permen karet yang manis.

Gummies menempel pada gigi, menjaga gula dan asam mengakibatkan kontakdengan email Anda berjam-jam.

Minuman soda



Soda juga dianggap mengandung hingga 11 sendok teh gula per porsi. Sodajuga mengandung asam fosfat dan sitrat, yang menggerogoti enamel gigi. Dietminuman ringan membiarkan Anda melewatkan gula, tetapi mereka mungkin memilikiasam bahkan lebih dalam bentuk pemanis buatan.

Membuka kemasan dengan gigi



Membuka tutup botol atau kemasan plastik dengan gigi Anda mungkinnyaman, tapi ini adalah salah satu kebiasaan yang membuat ngeri.

Menggunakan gigi sebagai alat dapat menyebabkan mereka retak. Gigi Andaseharusnya hanya digunakan untuk makan.

Minuman olahraga



Minuman olahraga dingin memang menyegarkan setelah latihan. Namunminuman ini biasanya tinggi gula. Seperti soda atau permen, manis minumanolahraga membuat serangan asam pada enamel gigi. Dapat menyebabkan pembusukan.

Jus buah



Jus buah sarat dengan vitamin dan antioksidan, tapi jus sayangnyakebanyakan juga sarat dengan gula. Beberapa jus dapat memiliki gula sebanyakper porsi soda.

Misalnya, hanya ada 10 gram lebih banyak gula dalam soda jeruk daripadajus jeruk. Lebih baik jika minum jus, mintalah agar tidak ditambahkan gula padajus Anda.

Keripik kentang



Bakteri dalam plak juga akan mengurai makanan bertepung menjadi asam.Asam ini dapat menyerang gigi selama 20 menit berikutnya - bahkan lebih lamajika makanan terjebak di antara gigi.

Rutin mengemil



Ngemil membuat produksi air liur berkurang dibanding makan, danmeninggalkan sisa makanan di gigi Anda selama berjam-jam.

Hindari ngemil terlalu sering, dan tetap berpegang pada makanan ringanyang rendah gula dan pati.

Menggigit-gigit pensil



Apakah Anda pernah mengunyah pensil Anda saat berkonsentrasi padapekerjaan atau studi? Sama seperti mengunyah es batu, kebiasaan ini dapatmenyebabkan gigi menjadi retak.

Permen karet tanpa gula adalah pilihan yang lebih baik ketika Andamerasa perlu untuk mengunyah. Ini akan memicu aliran air liur yang dapatmembuat gigi lebih kuat dan melindungi enamel.

Minum Kopi



Warna gelap kopi dan keasaman dapat menyebabkan menguning pada gigi dariwaktu ke waktu.

Merokok



Begitu juga dengan rokok bisa menodai gigi dan menyebabkan mereka rontoksebagai akibat dari penyakit gusi.

Tembakau juga dapat menyebabkan kanker mulut, bibir, dan lidah.

Minum Anggur Merah



Asam dalam anggur menggerogoti enamel gigi, menciptakan bintik kasaryang membuat gigi lebih rentan terhadap pewarnaan. Anggur merah juga mengandungpigmen yang mendalam disebut chromogen dan tanin, yang membantu tongkat warnapada gigi. Kombinasi ini membuat mudah untuk warna merah anggur untuk tinggaldi gigi Anda


Follow On Twitter